Adidas Sponsor Terbesar Piala Dunia

Ketika nonton bola, selain pemain dan gerakan bola yang Anda perhatikan, pernahkah Anda memperhatikan hal lain selain kedua hal tersebut? Pernahkah Anda memperhatikan jersey merek apa yang digunakan pemainnya? Pernahkah Anda memperhatikan di sekeliling lapangan, sponsor apa saja yang terlihat di sana? Pernahkah Anda memperhatikan apa saja yang ditayangkan televisi ketika sedang jeda iklan? Di bawah ini akan dibahas mengenai Adidas sponsor terbesar Piala Dunia?

Adidas memecahkan rekor di Piala Dunia karena mengeluarkan biaya iklan paling besar di antara perusahaan lainnya. Tidak mengherankan mengingat Piala Dunia sendiri ditonton oleh lebih dari setengah penduduk dunia. Biaya iklan tersebut memang tidak disebutkan secara pasti oleh pihak perusahaan. Mereka hanya menyebutkan bahwa biaya yang dikeluarkan sebesar ‘dua digit jutaan dolar’. Dua digit jutaan dolar jika dirupiahkan maka akan setara dengan ratusan miliar rupiah.

Biaya ‘dua digit jutaan dolar’ bukanlah biaya yang kecil bahkan untuk perusahaan besar sekalipun. Namun jika dibandingkan dengan target pemasukan Adidas sendiri, maka biaya yang mahal tersebut menjadi lebih mudah untuk dibandingkan. Target pemasukan Adidas dari divisi olahraga sendiri sebesar Rp 27 triliun. Bandingkan dengan pengeluaran iklannya yang ‘hanya’ ratusan miliar rupiah.
Bersamaan dengan perusahaan multinasional lainnya, seperti Budweiser, Coke, dan Visa, Adidas merupakan salah satu dari enam sponsor terbesar FIFA. Adidas sudah menjadi sponsor sejak tahun 1970 dan baru saja menandatangani perjanjian kerjasama dengan FIFA sebagai sponsor utama untuk 60 tahun ke depan.

Untuk sepakbola, Adidas secara khusus menggunakan Messi sebagai icon-nya. Di Amerika Serikat, Adidas berusaha menarik perhatian para penggemar olahraga dengan kampanye di sosial media yang dibintangi pemain basket NBA negara tersebut. Adidas juga bekerjasama dengan Kanye West dalam lagu barunya yang berjudul God Level. Diproduksi oleh West, Hudson Mohawke, 88-Keys, Mike Dean, dan Noah Goldstein, lagu ini ditampilkan dalam Piala Dunia 2014.
Meskipun demikian, Adidas masih belum bisa menduduki posisi pertama perusahaan fashion olahraga terbesar di Dunia. Tahun 2013, posisi paling atas diduduki oleh Nike dengan total pemasukan USD 25,3 miliar atau setara dengan Rp 250 triliun. Sementara itu, total pemasukan Adidas hanya sebesar USD 16,3 miliar atau setara dengan Rp 160 triliun.
Dibanding Adidas, Nike mampu meraih peningkatan pendapatan yang luar biasa. Nike baru saja memasuki Dunia olahraga ketika tahun 1994. Sedangkan Adidas sudah mulai menjadi sponsor terbesar Piala Duniasejak tahun 1954 di Berlin. Tahun 2014 ini Adidas menjadi sponsor empat tim yang memiliki peluang kemenangan yang cukup besar yaitu Spanyol, Jerman, Argentina, dan Kolombia.

Adidas juga mengontrol 60 persen pertumbuhan pasar pesepakbola muda di Amerika Serikat. Ditambah lagi, pasar Adidas di Amerika Utara masih lebih besar dibandingkan benua asalnya, Eropa. Perusahaan ini merupakan sponsor utama Liga Utama di Amerika Serikat dan Kanada.
Hingga saat ini dan beberapa tahun berikutnya, Adidas masih menjadi sponsor utama dari FIFA. Adidas akan terus berusaha untuk menjadi perusahaan fashion olahraga terbesar di Dunia, mengalahkan rivalnya, Nike. Itulah tadi sedikit informasi mengenai Adidas sponsor terbesar Piala Dunia.  
 

Sumber artikel : http://www.adweek.com/socialtimes/

admin Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *